PELATIHAN SISTEM INFORMASI DESA (SID)

 

 

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

MARGOYOSO, Rabu (10/07/2019)

Pelatihan SID dilaksanakan Seluruh Operator Desa diKabupaten Pati yang diselenggarakan Dispermades Kabupaten Pati dan bekerjasama dengan PT. Media Nusa Perkasa yang berada di Jl. Ahmad Yani Nomor 09 Kabupaten Pati.

Pelaksanaan Pelatihan SID sudah dilaksanakan tahap ke tiga dibulan Juli 2019. Pelatihan dilaksanakan sebagai Penguatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa untuk menambah Sumber Daya Manusia dan Wawasan dalam Pelaporan yang ada di semua desa pada Aparatur Perangkat Desa  yang dilaksankan oleh seluruh Operator SID se Kabupaten Pati.

Pelatihan dilakukan agar semua Operator bisa melakukan cara membuat berita, melaporkan semua kegiatan yang ada di desa dan mengisi semua bioda Lembaga desa. Semua dilaksanakan pelatihan ini agar sistem web desa dapat dilihat dibaca oleh seluruh manusia.

Peserta pelatihan SID tidak hanya dilatih membuat berita tapi juga bagaimana peserta bisa mengolah data yang ada didesa secara valid. Sehingga setelah nanti website desanya telah dibuka, ia mengharapkan data yang ditampilkan merupakan data yang telah diolah bukan data mentah.

Utuk mengolah data dilakukan Observasi . Observasi  adalah tehnik pengumpulan data, dimana peneliti melakukan pengamatan  secara langsung ke objek penelitian untuk melihat dari dekat kegiatyan yang dilakukan (Ridwan, 2004 : 104).

Kriteria Observasi meliputi :

  1.  PENGETAHUAN yang cukup terhadap obyek yang diteliti
  2.  PAHAM  TUJUAN umum dan khusus penelitian
  3.  Pengumuman CARA dan ALAT pencatatan data yang tepat
  4.  Penentuan KATEGORI penelitian
  5.  Pencatatan yang CERMAT dan KRITIS
  6.  PENCATATAN yang TERPISAH antara gejala satu dan lainnya
  7.  Menguasai CARA dan ALAT yang digunakan dalam pencatatan data. 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*